CARA DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE

Beberapa teman masih sering bertanya tentang bagaimana download video lewat situs www.youtube.com Memang mengunduh video gampang-gampang susah. Penyebabnya juga bermacam-macam.

Nah, sebelum kita membahas tentang cara download video youtube, mending kita cek and ricek dulu. Pertama dan yang paling utama mungkin, pastikan koneksi internet anda mendukung. Maksudnya sinyalnya ndak putus nyambung dan kecepatannya koneksinya memungkinkan.

Kadang mau download satu buah video yang kecil aja, setengah mati lah menunggu dan bersabar. Baru jalan berapa detik videonya, muncul buffernya (yang muter-muter di tengah video trus ilang kalau video jalan lagi). Dikit-dikitt buffer lagi, buffer lagi. Jadi kalo kecepatan koneksi internet anda lambat dan anda tipe jiwa-jiwa yang kurang sabar, saran saya don’t do it. Mending ke warnet saja bentar. Atau menunggu internet di Indonesia jadi cepat dan entah kapan itu terjadi.

Masalah sinyal yang putus nyambung, kita juga harus waspada. Biasanya terjadi pada internet via hotspot, modem atau yang jenis nirkabel lain. Maklum, untuk jenis nirkabel (tanpa kabel) cuaca, jarak dan kemampuan wearless sangat menentukan. Ini pengalaman pribadi lagi, sekadar download satu video, karena menyadari jaringan yang lemot, aku sambi bobo (duh imut banget ya…) semalaman. Dan paginya, jrengg…. mimpi semalam ternyata lebih indah. Gagal, gagal dan gagal. Mungkinn kejadiannya, udah mau penuh proses downloadnya, eh… sinyal ilang. Pas nyambung, mulai lagi dari awal, trus sinyal ilang, putus lagi. Dan lagi dan lagi sampai pagi.

Selanjutnya proses downloadnya. Ada beberapa sofware yang biasa digunakan.Saya sendiri lebih sering memakai Keepvid. (Selain itu ada Savevid dll)

Pertama. Buka dulu www.keepvid.com tampilan yang akan muncul:


Selanjutnya, masuk ke youtube. Pilih video yang mau didownload. Setelah ketemu, copy alamat URL nya. Lihat tanda panah merah.


Setelah dicopy, lalu buka lagi tampilan keepvid.com dan paste di kolom yang dikasih tanda panah merah. Trus klik DOWNLOAD di samping kanannya. Nantti kira-kira hasilnya seperti contoh di bawah ini.





Kalau sudah pilih salah satu format video yang disukai dan tergantung player yang digunakan. Biasanya format (dibelakang nama video) yang disediakan ada FLV, MP4, WebM, dan 3GP (untuk HP) dan tambahan MP3 (hanya file audio saja). Semuanya bisa diputer pake GOM, FLV, dan K-LIte COdec.

Terkadang tampilan pilihan file tidak dimunculkan, tapi server malah minta diinstal JAVA. Kalo begitu kejadiannya, berarti komputer anda belum ada aplikasi java-nya. ... kacian, deh :

Untuk pembahasan cara download dan instal java, akan dibahas di lain kesempatan.

Nah, mudah, tho? Silahkan berpuas-puas mendownload video youtube. Tapi ingat, video yang baik-baik saja ya. Biar berkah.

2 komentar:

Afikah Nur Lestari mengatakan...

Kok ga' bisa ya?

In'am Ibnu Shalih mengatakan...

Gak bisa bagaimana? Coba dicek lagi, JAVA-nya udah keinstal belum? Karena kebanyakan, teman-teman yang coba cara ini terkendala dengan JAVA.

Poskan Komentar